Lokasi Data Center Google

Lokasi Data Center Google РPernahkah kepikiran tentang data center google itu sebanyak dan sebesar apa? Pasti, tapi jangan membandingkan data center atau Colocation Indonesia. Mengingat banyaknya data yang ada pada google, sudah dipastikan bahwa mereka memerlukan jumlah data center yang sangat besar dan tentunya tempat yang sangat luas. Google secara publik menginformasikan tentang kepemiilikan Data Center-nya melalui Google  Data Center. Mari kita lihat berapa banyak Data Center yang dimiliki Google.

Berbicara tentang lokasi Data Center Google, mereka memiliki 7 Data Center yang sudah banyak dan tersebar diseluruh Amerika. Daftarnya ada dibawah ini:

  1. Douglas County, Georgia: google telah memiliki pusat data center di wilayah ini sejak tahun 2003. Pilihan ini jatuh ke wilayah Douglas County karena infrastruktu energinya baik, lahan yang dapat dikembangkan, serta tersedianya tenaga kerja untuk Data Center ini./
  2. The Dalles, Oregon: Data Center Google berada diwilayah ini mulai dari tahun 2006 dan Google pun berinvestasi sebanyak 1,2 miliar dolar, Google ingin membangun semua fasilitas yang diperlukan guna komitmen jangka panjang.
  3. Berkeley County, South California: Pembangunan Data Center Google ini diumumkan dan sampaikan kepada publik pada tahun 2007 dan pada tahun 2013, Google ingin memperluas lahannya dengen berinves tasi total 1,2 miliar dolar.
  4. Council Bluffs, Iowa: Pembangunan di kota Council Bluffs, Iowa ini terjadi pada tahun 2007 dan pada tahun 2012, google kembali membangun fasilitas kedia dengan proyek yang menghabiskan dana sebanyak 1,5 miliar dolar.
  5. Quilicura, Chili: Pembangunan Data Center di wilayah ini dimulai pada tahun 2012 dan akan dioperasikan pada tahun 2014. Ini adalah Data Center Google pertama yang berada di amerika latin. Data Center ini adalah Data Center yang paling efisien dan ramah lingkungan serta menghabiskan dana sebesar 150 juta dolar.
  6. Mayes County, Oklahoma: Data Center Google akan dibangun di wilayah ini pada tahun 2007 dan akan menambah fasilitas pada tahun 2012. Proyek ini menghabiskan dana sebanyak 700 juta dolar untuk pembangunan dan komitmen jangka panjang.
  7. Lenoir, North California: Pada tahun 2007 Google mengumumkan akan membangun Data Center di Lenoir dengan investasi dana sebesar 1,2 miliar dolar.

Dengan keberadaan Data Center yang tersebar diberbagai wilayah di Amerika. Google dapat mengelola dan daftar slot menyimpan data dengen efisien untuk mendukung berbagai layanan dan produk dari Google.

Google kini memiliki Tiga data center di wilayah eropa. Dibawah ini daftar wilayah dan lokasi keterangan mengenai masih-masing data center itu;

  1. Hamina, Findlandia
    Pada Maret 2009, Google ,membeli bekas pabrik kertas Summa Mill di Hamina Findlandia, guna mengubahnya menjadi Data Center. Proyek Google ini dimulai dengen berinvestasi 200 juta untuk pembangunan, yang berhasil selesai pada tahun 2011. Dan pada agustus 2012, Google kembal berinvestasi sebesar 150 juta Euro untuk membangun fasilitas data center kedua yang lebih tangguh. Data Center ini dianggap sebagai Data Center yang paling canggih dan efisien karena menggunakan air laut dari Teluk Findlandia.
  2. St. Ghislain, Berlgia
    Pada bulan April 2007, Google mengumumkan bahwa mereka telah menginvestasikan 250juta Euro untuk membangun Data Center di kota St. Ghislain, Belgia. Data Center ini mulai beroperasi penuh pada september 2010 dan melayani pengguna Google dieropa dan seluruh dunia.
  3. Dublin, Irlandia
    Dublin telah menjadi pusat google dieropa selama beberapa tahun terakhir. Pada tahun 2011, Google mengumumkan niatnya untuk mengalihfungsikan sebuah gudang yang terletak di wilayah industri Dublin barat menjadi sebuah Pusat Data (Data Center) dengan total biaya investasi mencapai 75 juta euro. Proyek ini selesai dan data center beroprasi pada september 2012 dengan menggunakan sistem pendingin  yang canggih mengandalkan iklim isrlandia, sehingga mampu mengurangi penggunaan pendingin berbiaya tinggi.